Steven Jaconias Davidsz

Rabu, 08 Mei 2013

Penyakit DBD

Pertama kali yang terlintas dipikiran gue setelah mendengar kata DBD adalah suatu virus yang ditularkan oleh nyamuk. Gue pikir selama ini klo yang namanya penyakit DBD itu gak bakal gue alami atau gue derita, tetapi semua itu hanya pemikiran gue aja yang so kuat.. hehehe. Pertama kali gue tau klo gue kena penyakit yang namanya DBD gue langsung berfikir pasti gue dirawat. . dan benar, gue dirawat. Dokter menvonis gue terkena penyakit DBD dan tipes setelah dokter mengambil darah gue dan di cek di laboratorium. Gejala DBD yang gue alami adalah dihari pertama gue panas tinggi, gue pikir hanya demam biasa yang dikasi obat warung bisa segera turun panasnya, ternyata gak. . akhirnya gue memutuskan untuk pergi ke klinik untuk memeriksakan keadaan gue yang panasnya belum turun juga. Akhirnya setelah dokter memberikan gue beberapa obat panas gue turun. Dihari ketiga panas gue bener – bener telah turun dan gue anggap bahwa demam gue itu telah sembuh, namun itulah fase penyakit demam berdarah.
            Dihari yang keempat panas gue kembali tinggi sehingga badan gue udah gak kuat lagi untuk melakukan aktifitas seperti biasanya. Akhirnya dihari yang keempat ini gue muntah, semua makanan, minuman yang masuk kedalam perut gue gak bisa perut gue terima. . keringat dingin mulai keluar dari seluruh tubuh gue, badan mulai terasa enak setelah muntah, namun itu hanya bertahan sebentar, kemudian panas badan gue kembali tinggi dan kepala pusing. Akhirnya gue dibawa kerumah sakit karena kondisi badan gue yang udah gak kuat lagi. And the result, gue kena penyakit yang namanya DBD, dokter menyarankan gue untuk dirawat, ya mau apalagi klo dokter sudah bilang demikian.
            Akhirnya gue dirawat, panas gue pertama masuk rumah sakit hingga 390 C, dokter memberikan gue beberapa infus dan obat – obatan untuk menurunkan panas gue yang tinggi. . ya panas gue yang tadinya tinggi sekarang bisa turun. Dokter menyarankan gue untuk banyak minum air putih, klo bisa sehari gue harus bisa habis 3 botol air yang ukuran besar, bukan galon yeee hahaha. . . akhirnya selama gue hidup gue merasakan juga yang namanya di infus hehe. Okelah gue nginep dirumah sakit,  hari – hari gue selama dirumah sakit dilewati hanya dengan mengganti infus dan pemberian beberapa obat dan yang terpenting dan kudu wajib gak ketinggalan juga minum air putih sebanyak – banyaknya. Hasil tes darah gue keluar dan menyatakan bahwa trombosit gue turun menjadi 91.000 yang normalnya adalah > 150.000
            Hari kedua dirumah sakit gue lalui seperti hari pertama, mengganti infus dan perbanyak minum air. Namun dihari kedua ini gue googling mengenai penyakit DBD dan hasil yang gue dapat adalah bahwa penyakit DBD ini tidak ada obatnya, penyakit bisa sembuh sendiri setelah kita melewati fasenya, yang kita butuhkan hanya terus menambahkaan cairan kedalam tubuh kita agar tidak terjadi dehidrasi. Dari hasil googling tersebut gue juga menemukan beberapa cara untuk bisa menaikan trombosit yang walaupun trombosit itu akan sendirinya kembali naik klo  fase DBD sudah kita lewati, tapi okelah yang namanya sakit info apa aja yang gue dapat selama itu bukan racun gue minum aja. Gue minum yang namanya sari kurma, jus jambu, yang kata orang minuman tersebut bisa membuat trombosit kembali naik. Kembali lagi suster mengambil darah gue, dan hasilnya trombosit gue kembali turun menjadi 66.000. itu hari ke 5 setelah gue demam di hari pertama. . dari hasil googling yang gue baca bahwa penyakit DBD akan kembali pulih atau trombosit akan naik itu dihari ke 6 – 7. Jadi pada sendirinya dihari 6-7 itu trombosit ita akan kembali pulih secara perlahan.
            Dan di hari keempat gue kembali diambil darahnya untuk diperiksa kembali. Setelah gue hitung dari demam gue dihari pertama seharusnya di hari keempat gue dirawat trombosit akan kembali naik walaupun gak naik dengan drastis. Dan benar, setelah hasil lab keluat menyatakan bahwa trombosit gue sudah naik yang tadinya hanya 66.000 sekarang naik menjadi 93.000, sehingga dokter memperbolehkan gue untuk pulang.
            Kesimpulannya adalah bahwa penyakit DBD ini emang harus membutuhkan cairan yang banyak masuk kedalam tubuh kita agar tidak terjadi dehidrasi. Terserah itu minuman apa aja, yang penting kita gak boleh sampe kekurangan cairan. Takutnya klo kita kekurangan cairan bisa terjadi pendarahan yang cukup hebat.
            Demikianlah sedikit cerita dari gue mengenai penyakit DBD ini
Mohon maaf kiranya klo ada bahasa gue yang kurang sopan hehehe. . .

1 komentar:

tentangibu mengatakan...

ijin sharing info.. untuk pasien dbd cara menaikkan trombosit yang paling cepat dengan rebusan daun jambu daripada jus jambu

Poskan Komentar